Minggu, 15 Mei 2016

Pengertian, Struktur dan Ciri Kebahasaan Procedure Text

Yap, kebetulan pada hari ini kebetulan saya lagi libur sekolah, saya berkeinginan untuk membagikan sebuah artikel penjelasan lengkap tentang Pengertian, struktur dan ciri kebahasaan procedure text (teks prosedur).

BTW, sobat-sobat udah pada tau belum apa itu procedure text?? saya kira sebagian sobat sobat semua sudah tau apa tho penegertian teks prosedur, struktur teks prosedur dan ciri kebahasaan teks prosedur itu. Untuk sobat- sobat yang belum mengetahui tentang pengertian procedure text atau mungkin structure procedure text, silahkan simak artikel tentang procedure text di bawah ini.

Pengertian, Struktur dan Ciri Kebahasaan Procedure Text


  Pengertian procedure text/ teks prosedur 

Procedure text merupakan teks yang menjelaskan cara melakukan atau membuat sesuatu melalui serangkaian tindakan atau langkah. Langkah- langkah tersebut harus dilakukan secara runtut agar hasilnya sesuai dengan yang dikehendaki.

Teks prosedure dapat berupa cara membuat ataupun menggunakan sesuatu, seperti manual (petunjuk pemakaian ponsel, petunjuk pemasangan mesin cetak), resep masakan, langkah kerja percobaan/eksperimen, dan tutorial (cara mengedit foto dengan program photoshop dan cara membuat kerajinan tangan).

 Struktur procedure text/ teks prosedur 

  • Aim/Goal: mengemukakan atau memperkenalkan sesuatu yang akan dibuat atau dilakukan. Biasanya muncul dalam teks sebagai judul.
  • Ingredients/Materials: memaparkan bahan- bahan material yang dibutuhkan. Bagian ini tidak harus ada dalam teks procedure.
  • Steps/Methods: mencantumkan langkah- langkah dalam membuat atau melakukan sesuatu dengan urut dan runtut.

 Ciri- ciri kebahasaan procedure text/ teks prosedur 

  • Menggunakan simple present tense, sering dalam bentuk kalimat perintah (imperative).
  • Menggunakan kata hubung temporal (first, then, next, finally) atau penomoran untuk menunjukan urutan.
  • Menggunakan kata kerja tindakan (action verbs).

Demikian artikel yang berjudul "Pengertian, Struktur dan Ciri Kebahasaan Procedure Text" ini saya buat dan saya susun", SEMOGA BERMANFAAT.

Salam Indonesia Cerdas 
 
kode iklan disini

Peraturan Mengeposkan Komentar Di InfoNesia
=>> Harus menggunakan kata- kata yang baik dan sopan.
=>> Berkomentar sesuai topik yang di bicarakan.
=>> Dilarang spam.
=>> Atas perhatian dan kunjungannya, kami mengucapkan banyak terima kasih.