Minggu, 15 Mei 2016

Pengertian dan Struktur Teks Laporan Secara Lengkap

Teks Laporan - Teks laporan adalah bentuk hasil pengamatan yang dilakukan dan bertujuan untuk menginformasikan hasil yang diperoleh tersebut kepada pembaca. Oleh karena itu, teks laporan dapat pula disamakan dengan teks hasil observasi. Kegiatan observasi atau pengamatan pada dasarnya merupakan kegiatan sehari yang kamu lakukan. Akan tetapi, tidak semua kegiatan yang diamati itu disebut observasi. Observasi harus dilakukan secara sengaja, runtut, sesuai dengan aspek- aspek tertentu, dan berdasarkan tujuan yang jelas. 
 
 
Observasi adalah kegiatan pengamatan terhadap keadaan, objek, atau peristiwa yang akan diteliti. Hasil dari observasi atau pengamatan ditulis dengan lengkap mengenai detail- detail objek pengamatan. Hasil observasi ditulis dalam bentuk teks observasi. Jadi, teks hasil observasi adalah teks hail pengamatan yang ditulis secara terperinci, sistematik, dan bersifat aktual.

Pengertian dan Struktur Teks Laporan Secara Lengkap

Teks hasil observasi memiliki struktur atau bagian- bagian. Struktur teks hasil observasi terdiri atas definisi umum (bagian pembuka), deskripsi bagian (bagian isi), dan deskripsi manfaat (bagian penutup). Bagian definisi umum berisi pengertian sesuatu yang dibahas. Deskripsi bagian berisi gambaran tentang sesuatu cara secara terperinci. Sementara itu, deskripsi manfaat merupakan bagian yang berisi manfaat atau kegunaan.
Perhatikan struktur teks laporan (teks hasil observasi) berikut!
Pengertian dan Struktur Teks Laporan Secara Lengkap
Struktur teks laporan

Sekian artikel yang berjudul "Pengertian dan Struktur Teks Laporan Secara Lengkap" ini saya buat dan saya susun, semoga teman- teman dapat terbantu dengan informasi tentang teks laporan ini. Sekian dan terima kasih.
kode iklan disini

7 komentar

Maksud deskripsi bagian itu gimana ya gan..?

Nice Artikel gan. Izin bookmark ya, siapa tau nanti ada tugas, hehehe.

Teuku Ahmad Andika ,,bagian yg berisi gambaran tentang sesuatu cara secara terperinci gan,,makasih udh mampir

mantapp gan jadi tambah ngenal struktur teks laporan :D

waw... nambah ilmu nih buat laporan.

Ok artikelnya bagus dan bermanfaat.. mksh gan

mantap ni untuk pembelajaran buat q. thanks this share....

Peraturan Mengeposkan Komentar Di InfoNesia
=>> Harus menggunakan kata- kata yang baik dan sopan.
=>> Berkomentar sesuai topik yang di bicarakan.
=>> Dilarang spam.
=>> Atas perhatian dan kunjungannya, kami mengucapkan banyak terima kasih.