Senin, 16 Mei 2016

Pengertian, Jenis Persendian dan Jenis Sendi Gerak Pada Persendian

Pengertian, Jenis Persendian dan Jenis Sendi Gerak Pada Persendian

IPA Biologi - Berikut penjelasan singkat tentang "Pengertian, Jenis Persendian dan Jenis Sendi Gerak Pada Persendian".
 

  Persendian 

Merupakan hubungan antar tulang-tulang yang membentuk sistem gerak pada manusia. Persendian berperan penting dalam proses gerak yang dilakukan oleh manusia.

Gerakan antara tulang yang satu dengan tulang yang lainnya pada persendian di ikat oleh jaringan yang disebut ligamen. Gerakan pada persendian dilapisi oleh minyak sendi, jika minyak sendi pada tulang habis maka gerakan pada persendian akan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. 

 Jenis-Jenis Persendian Pada Manusia : 

1. Sendi kaku

Merupakan persendian yang tersusun dari ujung ujung tulang rawan dan menghasilkan sedikit gerakan yang bersifat kaku. Contoh gerakan pada pergelangan tangan dan pergelangan kaki.

2. Sendi mati

Merupakan persendian yang tidak memungkinkan terjadinya gerakan. Contoh hubungan antar tulang yang membentuk tengkorak. 

3. Sendi gerak

Merupakan persendian yang memungkinkan terjadinya gerakan secara bebas. Sendi gerak terdiri dari beberapa jenis. Jenis-jenis sendi gerak : 

a. Sendi engsel
Merupakan hubungan antar tulang yang menghasilkan gerak satu arah. Contoh sendi engsel ialah lutut dan sikut. 

b. Sendi pelana
Merupakan hubungan antar tulang yang menghasilkan gerak dua arah. Contoh sendi pelana ialah tulang telapak tangan dan ibu jari. 

c. Sendi putar
Merupakan hubungan antar tulang yang menghasilkan gerakan rotasi atau memutar. Contoh sendi putar ialah lengan bawah dan lengan atas.

d. Sendi Peluru
Merupakan hubungan antar tulang yang menghasilkan gerakan bebas ke segala arah. Contoh sendi peluru ialah hubungan antar tulang pada gelang bahu dan lengan atas.

e. Sendi luncur

Merupakan hubungan antar tulang yang menghasilkan gerakan badan dapat melengkung ke depan dan ke belakang ataupun gerakan memutar badan. Contoh sendi luncur ialah hubungan antar tulang pada pergelangan kaki. 

f. Sendi geser
Merupakan hubungan antar tulang yang menghasilkan gerak menggeser. Contoh sendi geser ialah hubungan antar tulang belakang. 

 Jenis Gerak Pada Persendian Dibedakan Menjadi : 

1. Gerak inverse dan gerak eversi

Gerak inverse ialah gerak membuka telapak kaki ke arah dalam tubuh, sedangkan gerak eversi merupakan gerak kaki membuka ke arah luar, atau gerak memiringkan kaki. 

2. Gerak pronasi dan gerak supinasi

Gerak pronasi ialah gerak menelungkupkan tangan. sedangkan gerakSupinasi ialah gerak an menegadahkan tangan . 

3. Gerak elevasi dan gerak depresi

gerak elevasi ialah gerak menengadahkan kepala, sedangkan gerak depresi ialah gerakan menurunkan atau menundukkan kepala. 

4. Gerak adduksi dan gerak abduksi

gerak adduksi ialah gerak mendekati tubuh, sedangkan gerak abduksi ialah gerak menjauhi tubuh. Contoh gerak adduksi dan gerak abduksi ialah : gerakan membuka tungkai kaki, gerak merenggangkan tangan dan gerak mengacungkan tangan. 

5. Gerak fleksi dan gerak ekstensi

Gerak fleksi ialah gerakan membengkokkan atau menekuk, sedangkan gerak ekstensi ialah gerak meluruskan. Contoh gerak fleksi dan gerak ekstensi ialah : gerak pada siku, gerak pada lutut, gerak pada ruas-ruas jari dan gerak pada bahu.

Demikian artikel yang berjudul "Pengertian, Jenis Persendian dan Jenis Sendi Gerak Pada Persendian" ini saya buat dan saya susun, SEMOGA BERMANFAAT.

Salam Indonesia Cerdas
kode iklan disini

Peraturan Mengeposkan Komentar Di InfoNesia
=>> Harus menggunakan kata- kata yang baik dan sopan.
=>> Berkomentar sesuai topik yang di bicarakan.
=>> Dilarang spam.
=>> Atas perhatian dan kunjungannya, kami mengucapkan banyak terima kasih.